Ragam

Ini 5 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi, Pasti Bisa!

Written by Dewa Artikel · 1 min read >
Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi

Smartphone memberi penggunanya kemampuan untuk dengan mudah menangkap momen paling berkesan dalam hidup. Namun ada beberapa resiko dari menyimpan sesuatu di HP. Pengguna smartphone bisa saja secara tidak sengaja menghapus foto dari perangkat selulernya atau menghapus memorinya hingga bersih. Saat hal itu terjadi, pengguna tersebut mungkin bertanya-tanya apakah ada cara mengembalikan foto yang terhapus di HP tanpa aplikasi.

Jangan khawatir. Belum terlambat untuk membatalkan penghapusan foto di HP setelah hard reset. Akan tetapi pengguna juga tidak punya banyak waktu sebelum foto tersebut tidak dapat dipulihkan. Berikut 5 cara mengembalikan foto yang terhapus di HP tanpa aplikasi. Pengguna dapat memilih salah satu yang paling sesuai dan worth it untuk dilakukan.

1. Cara Memulihkan Foto dari Cloud

Pengguna smartphone dapat menggunakan semacam layanan penyimpanan cloud untuk mencadangkan foto. Jika kasusnya seperti itu, maka akan memudahkan untuk memulihkan foto yang dihapus di HP. Salah satunya dengan menggunakan Google Drive.

Caranya adalah dengan masuk ke web google drive lalu login dengan email yang digunakan untuk mencadangkan foto. Setelah itu pilih foto yang telah terhapus dan ingin dikembalikan. Klik “Lainnya” atau biasanya disimbolkan dengan titik tiga. Kemudian pilih “Download”.

2. Cadangkan dan Pulihkan

Jika pengguna telah meluangkan waktu untuk mencadangkan ponselnya, maka pengguna tersebut juga dapat memulihkan foto yang dihapus menggunakan fitur pencadangan dan pemulihan bawaan. Untuk melakukan cara ini, buka Pengaturan di ponsel lalu ketuk Akun. Masuk dengan akun dan kata sandi jika diminta. Cari opsi “Cadangkan dan Pulihkan”. Setelah menemukannya, klik “Pulihkan”.

Namun perlu diingat bahwa cara mengembalikan foto yang terhapus di HP tanpa aplikasi ini mungkin tidak berhasil untuk setiap foto yang hilang. Berhasil atau tidaknya cara ini tergantung pada usia pencadangan yang dilakukan. Selain itu, opsi ini mungkin tidak tersedia sama sekali, atau bisa disebut berbeda tergantung pada merek dan model smartphone. Namun, akan lebih baik memulihkan beberapa foto daripada tidak sama sekali.

3. Pulihkan dari Kartu SD Secara Langsung

Banyak smartphone yang hadir dengan slot untuk kartu microSD. Slot ini dapat digunakan untuk memperluas ruang penyimpanan internal secara signifikan. Terkadang pengguna telah menyimpan foto ke dalamnya tanpa menyadarinya. Kemungkinan ini merupakan berita bagus karena saat pengguna tidak sengaja menghapus foto, maka foto tersebut dapat dikembalikan melalui pengaturan ponsel.

4. Buka Email dan Pesan Chat

Banyak layanan email yang menawarkan ruang penyimpanan tak terbatas, memungkinkan pengguna menyimpan email dan lampiran sebanyak yang diinginkan. Periksa apakah pengguna mengirim foto yang dihapus ke orang lain melalui email. Jika demikian, foto-foto tersebut mungkin masih ada di kotak masuk, sehingga pengguna dapat mengunduhnya ke komputer atau ponselnya lagi.

5. Periksa Jejaring Sosial

Ketika berbicara tentang privasi, bukanlah ide yang baik untuk menggunakan jejaring sosial sebagai layanan backup foto. Namun hal itu telah dilakukan banyak orang. Sekalipun seseorang membatasi penggunaan media sosial, teman dan keluarga mungkin telah membagikan gambar yang sama persis dengan yang coba dipulihkan. Oleh karena itu, pengguna harus memeriksa jejaring sosial sebelum berhenti dan menyatakan bahwa foto tersebut hilang.

Nah, itu tadi merupakan 5 cara mengembalikan foto yang terhapus di HP tanpa aplikasi. Namun hanya karena ada banyak cara untuk memulihkan foto yang terhapus di HP, tidak menjamin pemulihan yang berhasil. Bahkan dengan aplikasi pemulihan dan petunjuk terperinci sekali pun, ada kemungkinan bahwa foto tidak dapat memulihkan semuanya. Itulah mengapa lebih baik menghindari kehilangan foto sejak awal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *